Halaman

Selasa, 13 Mei 2014

Selamat Tinggal, teman-teman Facebook....!

Assalamu'alaikum.

Halo semuanya, para pecinta blog di seluruh dunia maya. Postingan kali ini sebenarnya cua curhat semata. Beberapa minggu lalu, akun facebook saya diretas oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab. Kuat dugaan itu karena saya pernah coba-coba membobol akun facebook lama saya yang lupa passwordnya. Nanya deh sama mbah google, trus nemu sebuah link menuju sebuah blog berisi sebuah (eh salah, sekumpulan) kode pemrograman. Kata si empunya blog sih bisa cari tau password fb dengan kode tersebut. Dicoba deh, dan.... Jengjeng... Tetep ga bisa dapet tuh pasword. Yang terjadi adalah tampilan theme fb saya berubah, trus ada scrip yang berjalan di belakang layar. Nah, scrip itu ternyata mengirim data fb yang saya gunakan, buka fb yang hendak saya buka. Mungkin, pasword fb saya juga ikut dikirim. Langsung dah saya log out.
Besoknya, saya log in fb. Saya kaget ('O'). Kenapa? Karena semua halaman yang saya suka tidak bisa ditampilkan. Mlah halaman-halaman yang ga jelas dan berbau esek-esek pada nongol. Pikiran saya langsung berkata "Ini pasti ada yang meretas". Langsung dah ganti pasword. Aman... Pikir saya. Semua halaman itu saya "Unlike".
Tapi, besoknya lagi hal serupa terjadi. Rupanya ada celah keamanan yang tidak terdeteksi yang dimanfaatkan sama tuh peretas. Akhirnya, dengan sangat terpaksa, saya tutup akun saya. Sedih juga... Apalagi ada banyak teman dan saudara yang terhubung. Tapi saya tidak mau ambil resiko. Mending dunia nyata aja, dari pada dunia maya, pikir saya. Dalam postingan terakhir di FB, saya cantumkan nomor hp. Bagi mereka yang merasa perlu, mudah-mudahan itu berguna. Oh ya, akun fb saya: carmad abina ardzun ahyar.
Semoga postingan ini bermanfaat buat kita semua agar lebih berhati-hati. Selamat tingggal Facebook, selamat jalan semuanya. Selamat datang dunia nyata... Blog tetep jalan loh...

wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar